Sebentar lagi ramadhan : Ini dia 7 persiapan ala kaum millenial di masa pandemi !
Rabu, 10 Maret 2021 13:03 WIB
Sebagai umat muslim tentu berbahagia mengetahui bahwa bulan suci ramadhan tinggal satu bulan lagi. Pasalnya bulan suci ramadhan merupakan bulan yang istimewa dan penuh akan berkah. Kita berpuasa selama sebulan penuh untuk Alloh SWT. Arti berpuasa bukan hanya tidak makan dan tidak minum, namun lebih dari itu kita dilatih untuk menjaga hawa nafsu, saling berbagi dan meningkatkan kualitas ibadah.

Ramadhan kali ini mungkin akan sedikit berbeda karena berlangsung saat pandemi covid-19. Kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak dan pakai masker.

Namun jangan khawatir, kamu tetap bisa memaksimalkani indahnya bulan ramadhan di masa pandemi seperti saat ini dengan melakukan beberapa persiapan yang akan dijelaskan di bawah ini. Selamat membaca!
 

1. Membuat list produktivitas

sumber foto : merakiofnini.tumblr.com


Kamu dapat membuat jadwal dan rincian kegiatan produktiv yang akan kamu lakukan pada saat bulan ramadhan secara berkala. Kamu bisa memikirkan hal-hal menarik sekaligus bermanfaat. Seperti membaca beberapa judul buku, membuat gambar kaligrafi harian, dan bagi-bagi takjil gratis.

2. Segera mengganti  puasa tahun lalu

sumber foto :wattpad.com


Untuk kamu yang masih punya tunggakan puasa tahun lalu, untuk segera melunasinya. Supaya saat bulan ramadhan tiba, kamu merasa tenang dan lebih bisa fokus untuk meningkatkan kualitas ibadah.

3. Meningkatkan kualitas ibadah

sumber foto :izzulislam.com


Nah, kalo ini perlu ya teman-teman.Supaya saat ramadhan nanti kita sudah terbiasa untuk menjaga ibadah kita.

4. Membersihkan perlengkapan ibadah

sumber foto : etsy.com

Jangan lupa untuk bersih-bersih ya, siapkan perlengkapan ibadah keperluanmu.

5. Meningkatkan pemahaman tentang agama dan pengetahuan

sumber foto : lilablumenwiese.com


Cari tahu amalan-amalan apa yang bisa dilakukan, kewajiban dan larangannya. Kepoin juga pandangan dari sisi ilmu pengetahuan.

6. Mempersiapkan fisik dan mental

sumber foto : runnersblueprint.com

Rajinlah untuk berolahraga dan seimbangkan mental kamu. Mulai menjauhi kegiatan yang kurang bermanfaat dan negatif, menjaga pola makan dan tidur.

7. Ikut kajian

sumber foto : tourbanyuwangi.com

Mengikuti kajian agama secara rutin dan terjadwal dapat menjaga mental dan keimanan kamu.
 

Nah jadi itu dia persiapan yang perlu kamu lakukan teman-teman. Semoga ramadhan tahun ini terasa keindahan dan keberkahannya ya. Selamat mencoba!


Blog Populer